7 Tutorial Melihat Spek (Spesifikasi) Komputer Dan Laptop

Melihat spesifikasi komputer bukanlah suatu kewajiban yg harus dilakukan 7 Tutorial Melihat Spek (Spesifikasi) Komputer Dan Laptop

Melihat spesifikasi komputer bukanlah suatu kewajiban yg harus dilakukan, tapi terdapat sebagian orang yang menjadikan kegiatan melihat spek merupakan suatu kewajiban. Seperti halnya gamers yg harus menyesuaikan kemampuan komputer /laptopnya buat bisa menjalankan game yg akan digunakan.

Atau bisa pula para desainer digital yg saya rasa perlu dan wajib mengetahui spesifikasi dari PC yang dimiliki.

Ada banyak keuntungan dari memahami spesifikasi komputer diantaranya sanggup memahami kualitas dari komponen komputer, serta bisa menentukan apakah komputer yang dipakai sanggup menjalankan game/program tertentu.

Nah bagi anda yg ingin memahami cara-cara mendapatkan informasi detail mengenai spesifikasi komputer, anda sanggup mencoba beberapa cara yg sudah admin siapkan dibawah ini:

1. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

CPU-Z yaitu salah satu jenis aplikasi pihak ketiga yg menaruh layanan berupa informasi rinci perihal spesifikasi dalam komputer atau laptop kamu. Aplikasi ini akan menaruh anda rincian mengenai beberapa perangkat yg terpasang dalam komputer anda, ibarat Processor, RAM, VGA(kartu grafis), dan beberapa informasi lain.

Alasan mengapa kau perlu memakai aplikasi CPU-Z yaitu lantaran layanan informasi yg ditampilkan lebih lengkap serta akurat.

Untuk bisa memakai aplikasi CPU-Z anda sanggup mengunduhnya dari beberapa pihak penyedia aplikasi yang ada di Google. Setelah anda berhasil mengunduh aplikasi ini, langkah selanjutnya yaitu menginstall aplikasi tersebut.

Apabila proses instalasi sudah selesai, kau sanggup langsung menjalankan aplikasi CPU-Z ini melalui laman desktop atau pada direktori lokasi anda menginstall aplikasi tersebut. Cukup menunggu beberapa ketika maka informasi komputer akan ditampilkan secara lengkap.

2. Menggunakan Terminal (Linux)

Untuk cara yg ke 2 ini sedikit tidak sama, dikatakan tidak selaras lantaran cara ini hanya berlaku atau hanya sanggup berjalan dalam sistem operasi Linux saja. Cara ini dilakukan beserta memanfaatkan sumber daya yang sudah terdapat dalam Linux, yaitu Terminal.

Terminal merupakan aplikasi khusus dalam Linux yang mempunyai kesamaan dengan Command Prompt(CMD). Perbedaannya terletak dalam perintah serta penempatannya saja, kalau Terminal berada di Linux sedangkan CMD berada di windows.

Alasan kita memanfaatkan Terminal buat melihat informasi PC yaitu lantaran kemudahannya. Karena Terminal telah ada bersamaan dengan sistem operasinya, maka kita tak perlu repot-repot melakukan installasi lagi.

Kita hanya perlu masuk ke terminal itu sendiri serta mengetikan perintah "sudo lshw" kemudian tekan "Enter". Dalam beberapa dtk saja informasi mengenai komputer akan ditampilkan secara rinci.

3. Menggunakan Layanan DXDIAG

Cara ini merupakan cara yang paling admin sukai, selain simpel cara ini juga bisa dibilang efisien dan simpel diaplikasikan.

Sedikit informasi saja bahwa DXDIAG yaitu aplikasi/layanan bawaan sistem operasi windows. DXDIAG sebenarnya yaitu layanan yang dipakai untuk memunculkan informasi directX.

Namun dalam kenyataannya layanan DXDIAG ternyata tak hanya menampilkan informasi directX saja, tetapi pula informasi lain ibarat jenis dan tipe sistem operasi, tipe komputer, kapasitas RAM, VGA, serta sebagainya pula ikut ditampilkan.

Untuk bisa memakai layanan ini juga sangat gampang, kau hanya perlu mengkombinasikan tombol "win" serta "r" kemudian mengetikan perintah "dxdiag" tanpa tanda petik, kemudian enter.

4. Menggunakan Layanan Properties

Cara lain yg cukup simpel buat dilakukan merupakan dengan memanfaatkan layanan "properties". Anda hanya perlu melakukan seleksi pada "Computer" atau "My Computer" pada file explorer windows. Kemudian lakukan klik kanan serta pilih dalam "properties".

Cara ini memang simpel buat dilakukan akan tetapi ada kelemahannya yaitu informasi yg ditampilkan tidak lengkap, kau hanya akan mendapati beberapa informasi dasar saja dari komputer kamu.

5. Menggunakan Advanced SystemCare

Untuk cara ini sendiri saya rasa masih menjadi hal tabu dikalangan masyarakat, lantaran hanya beberapa orang saja yg mau memakai layanan ini. Alasan banyak orang tidak mau memakai layanan ini, ya salah satunya lantaran proses dan caranya yang cukup memakan waktu.

Selain itu pula layanan ini cukup menguras kuota internet kamu. Sebab layanan ini akan mendownload beberapa kegiatan pendukung yang cukup besar buat menampilkan informasi super lengkap.

Disamping kekurangan layanan ini, terdapat kelebihan yg akan dihasilkan, yaitu informasi yg ditampilkan akan dikupas secara lengkap serta terperici hingga bagian-bagian penting pula akan ditampilkan.

6. Menggunakan Aplikasi TuneUp Utilites

Hampir sama bersama Advanced SystemCare, cara ini merupakan bersama memanfaatkan aplikasi yang dengan nama "TuneUp". TuneUp bekerja layaknya Advanced SystemCare, yaitu beserta mengunduh beberapa kegiatan pendukung buat memunculkan informasi.

Dengan aplikasi ini kau tidak hanya sanggup melihat spesifikasi PC/laptop saja, kau pula bisa melakukan beberapa identifikasi serta penyelesaian duduk kasus kalau terjadi error dalam touchpad.

7. Menggunakan Software Speccy

Speccy juga termasuk pada aplikasi pihak ketiga yg bisa kau manfaatkan buat mendapatkan informasi lengkap perihal PC anda.

Cukup download serta install saja aplikasi yg bernama Speccy ini, kemudian silahkan buka/jalankan aplikasinya, dan ketika itu pula anda akan ditampilkan informasi rinci perihal spesifikasi komputer anda.

Kesimpulan

Untuk bisa memahami spesifikasi komputer atau laptop sesungguhnya sangat mudah, hanya saja setiap cara punya kelebihan serta kekurangannya masing-masing.


Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga apabila ingin mendapatkan informasi lengkap, namun sebaliknya kalau kau hanya membutuhkan informasi dasar dari komputer anda, maka anda sanggup memanfaatkan layanan DXDIAG, Properties, maupun terminal.

0 Response to "7 Tutorial Melihat Spek (Spesifikasi) Komputer Dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel